Christian Pulisic, Yang Terkenal Dengan Selebrasi Ulatnya

Christian Pulisic, Yang Terkenal Dengan Selebrasi Ulatnya

Christian Mate Pulisic, yang dikenal sebagai Christian Pulisic, saat ini bermain sebagai pemain sayap untuk klub Liga Premier Chelsea. Selain itu, ia juga bermain sebagai gelandang serang untuk tim nasional sepak bola Amerika Serikat. Sebuah produk dari sistem akademi muda tim Bundesliga Jerman Borussia Dortmund, Pulisic pertama kali menjadi terkenal saat bermain untuk klub pada tahun 2016.

Christian Mate Pulisic lahir pada tanggal 18 September 1998. Pulisic adalah pemain sepak bola profesional Amerika Serikat yang bermain sebagai pemain sayap dan gelandang serang untuk klub Liga Utama Inggris Chelsea dan Amerika Serikat tim nasional. Dia mulai bermain untuk akademi pemuda Brackley Town pada usia tujuh tahun. Tak lama setelah itu, ayahnya menjadi manajer umum klub Detroit Ignition pada tahun 2000.

Christian Pulisic, Yang Terkenal Dengan Selebrasi Ulatnya

Saat itu, ia juga mulai bermain untuk Michigan Rush. Dia kemudian mulai berlatih di klub PA Classics, afiliasi dari USA Soccer Development Academy. Selama waktu itu, ia juga bermain mulai bermain sesekali untuk Harrisburg City Islanders. Karena tingkat permainannya yang tinggi bersama dengan kebangsaannya, ia telah diberi julukan “Kapten Amerika” oleh penggemar dan pemain lain.

Pulisic memulai karir profesionalnya di klub Jerman Borussia Dortmund, di mana, setelah kemajuan pesat melalui akademi tim, di mana ia hanya tampil dalam 15 pertandingan pemuda, ia dipromosikan ke tim senior pada 2016, pada usia 17 tahun. Ia tampil sedikit di musim pertamanya di klub, tetapi keterlibatannya meningkat secara dramatis di musim berikutnya, di mana ia menjadi andalan tim Dortmund yang memenangkan DFB-Pokal 2016–2017.

Pada tahun 2018, ia menempati posisi kedua dalam Trofi Kopa perdana, yang diberikan kepada pemain terbaik di bawah usia 21 tahun. Pada Januari 2019, Pulisic pindah slot gacor malam ini ke Chelsea dengan transfer senilai $73 juta (£57,6 juta), menjadikannya pemain Amerika Utara termahal sepanjang masa, dan mulai bermain untuk klub tersebut pada musim 2019–2020.

Selama Liga Champions UEFA 2020–21, Pulisic menjadi pemain Chelsea termuda dan orang Amerika pertama yang mencetak gol di semi-final. Dia kemudian menjadi orang Amerika pertama yang bermain di Final Liga Champions UEFA, memenangkan pertandingan 2021. Pulisic telah tampil dan mencetak gol di setiap level junior dan melakukan debut tim seniornya pada Maret 2016 di usia 17 tahun.

Dia adalah pemain termuda yang pernah menjadi kapten tim nasional Amerika Serikat di era modern. Dia membantu AS ke final Piala Emas CONCACAF 2019 dan memenangkan Liga Bangsa CONCACAF 2019-20 perdana. Secara individu, ia telah memenangkan penghargaan Atlet Muda Pria Sepak Bola AS Tahun Ini dan tiga penghargaan Atlet Pria Sepak Bola AS Tahun Ini.